Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

Haramkah Produk yang Bergambar Makhluk Hidup?

Bismillah,
Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

mohon bantuan dari para asatidz -hafidhahumullah- di milis yang penuh berkah ini !!!(atau siapa saja dari kalangan member yang berkapasitas juga boleh menjawab)

Q:
apakah jika menjual sesuatu (product) yang terdapat padanya gambar makhluk hidup dapat dijatuhkan kedalam kategori “menjual barang haram” dan hasil perolehannya adalah “uang haram” ???

sy sangat membutuhkan jawaban ini, dan mudah2an ia juga akan berguna bagi kaum muslimin lainnya yang sedang mengcounter fenomena ini.

sebelumnya, Jazzakallahu khairan katsiran.. dan semoga kita semua selalu berada dalam pertolongan Allah Subhanahu wata’ala dalam menjalankan hidup (khususnya di era ini) yang penuh dengan berbagai pertentangan- pertentangan terhadap syari’at Islam yang mulia.

JAWABAN:
Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah ana pernah dengar pertanyaan serupa ditanyakan kepada Ustadz Dzulqarnain, seingat ana saat daurah di solo, tapi lupa bulannya.
Yg inti jawabannya adalah tidak haram.
Karena barang tersebut (sabun,sampho, makanan,susu, dsb) dibutuhkan kaum muslimin dan gambar bukan merupakan hakikat barang tersebut.
Tetapi kalau misalkan gambar tersebut dapat ditutupi atau dihilangkan dengan tetap tidak merusak barang tersebut maka sebaiknya dilakukan.
Tambahan dari ana:misal menutup kepala dengan label harga yang besar.
Adapun rinciannya ana kurang hafal.
Ana hanya menyampaikan sebatas apa yang ana hafal, karena ustadz-ustadz juga memiliki banyak kesibukan sehingga mungkin terlalu lama kalau menunggu yg langsung menulis jawaban Ustadz.
Afwan kalau ada yang salah dan mohon dikoreksi.

JAWABAN USTADZ:
Bismillah,

Apa yang disebutkan oleh Al-Akh Ardian Yuli -semoga Allah memberkahi beliau dan memberkahi Al-Akh penanya- dari jawaban kami adalah benar. Juga saya tambahkan bahwa syaikh kami, Syaikh Sholih Al-Fauzan memberi fatwa bahwa gambar yang terhina dan hanya untuk dibuang tidak berlaku padanya apa yang disebut dalam hadits-hadits pelarangan gambar tentang tidak masuknya para malaikat, keharusan menghapus dan seterusnya, karena yang dihinakan itu tidak ada hukumnya. Wallahu A’lam

Makassar, Senin, 1 Jumadi Tsaniyah 1430/ 25 May 2009

No Responses to “Haramkah Produk yang Bergambar Makhluk Hidup?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: