Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

Murabahah dalam Bank Syariah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Apakah murabahah dalam bank syariah sudah sesuai dengan prinsip syariah?
berikut simulasinya:

PT. TERUS MAJU perusahaan yang bergerak di bidang Percetakan memerlukan Mesin Cetak seharga Rp. 100.000.000, -. PT TERUS MAJU memiliki langgnanan supplier mesin yaitu PT. TRAKANTA. PT TERUS MAJU mengajukan fasilitas MURABAHAH kepada Bank Muamalat Indonesia.

Setelah Account Manager Bank Muamalat mereview neraca dan laporan keuangan serta sumber pengembalian dari PT TERUS MAJU, maka telah disetujui permohonan Fasilitas Murabahah sebagai berikut:
Harga Beli Barang dari Supplier Rp. 100.000.000, –
Margin Bank Muamalat (Margin setara 20% pa. effektif) sebesar Rp. 22.149.950,-
Harga Jual pada PT TERUS MAJU (Harga Jual = Harga Beli + Margin) sebesar Rp. 122.149.950
Biaya Administrasi Rp. 1.000.000,-
Supplier yang ditunjuk PT. TRAKANTA
Jangka Waktu Pelunasan 24 bulan.
Angsuran/Bulan Rp. 5.089.580,-/ bulan

Apakah muamalah seperti diatas termasuk muamalah riba? karena logikanya adalah seseorang meminjam uang dari pihak bank untuk membeli barang yang diinginkannya kemudian dia akan membayarnya dengan dilebihkan dengan cara kredit
Apakah ada bank syariah yang benar2 menerapkan syariah serta benar dan bebas dari riba?

MUSLIM

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu,

ana juga mau menambahkan pertanyaan dengan contoh simulasi, misalnya :

PT. Terus Maju dengan aset saat setelah diaudit keselurusan bernilai 100.000.000 , hendak membeli mesin cetak seharga 100.000.000,
PT. Terus Maju mengajukan proposal pinjaman tanpa bunga kepada pemilik modal senilai 100.000.000. Proposal pinjaman disetujui oleh pemilik modal dengan syarat pengembalian pinjaman di angsur 2 juta perbulan selama 50 bulan, plus pembagian pendapatan keuntungan perusahaan perbulan sebesar 50% (nilai yang diperoleh dari persentasi masuknya modal ke PT. Terus Maju). apakah syarat yang diajukan oleh pemilik modal termasuk riba?, bagaimana pula jika sekiranya perusahaan PT. Maju Mundur mengalami kerugian sehingga tidak dapat mengembalikan anguran bulanan? apakah PT ?

jazakumullahu khayr
ADNAN

JAWABAN
Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertanyaan yang diajukan oleh Al-Akh Muslim Abul Hafizh adalah bentuk mu’amalah yang berbeda dengan apa yang diajukan oleh Al-Akh Adnan, semoga Allah memberi taufiq kepada semuanya.

Adapun bentuk yang disebutkan oleh Al-Akh Muslim,
Boleh saja dengan dua syarat,
Pertama, Sebelum melakukan akad dengan PT. Terus Maju, Bank Mu’amalat harus membeli mesin tersebut dan membawa mesin tersebut ke tempat kepemilikannya. Hal tersebut agar Bank Mua’amalat tidak tergolong kepada orang menjual barang yang belum dia miliki -sedang hal tersebut adalah haram sebagaimana dalam nash hadits Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam-.

Kedua, Setelah Bank Mu’amalat memiliki barang, kemudian ternyata PT. Terus Maju membatalkan niat membeli barang, maka Bank Mu’amalat tidak boleh mengharuskan PT. Terus Maju untuk membelinya. Agar dia tidak tergolong orang memaksa dalam transaksi dan agar tidak terhitung sebagaimana orang yang mencari hilah dalam menghalalkan hal yang diharamkan.

Apa bila dua syarat di atas terpenuhi, maka tidak masalah terjadi transaksi dengan bentuk kredit yang disebutkan. Wallahu A’lam

Adapun bentuk yang disebut oleh Al-Akh Adnan,
Hukumnya adalah haram. Karena pemberian modal tersebut dengan akad pinjaman (hutang). Dan setiap pinjaman yang diambil keuntungan darinya maka itu adalah riba. Sebagaimana diterangkan oleh sejumlah dalil.
Adapun kalau pemberian modal dengan akad kerjasama (syarikah -mudharabah maupun seliannya-) maka hal tersebut tidak masalah sepanjang kerugian ditanggung bersama -bila terjadi kerugian- sebagaimana keuntungan dibagi bersama sesuai dengan kesepakatan yang dibangun di atas saling ridha dan keadilan.

Wallahu A’lam,

No Responses to “Murabahah dalam Bank Syariah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: