Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

Tanya Jawab: Tidak boleh ingkar kepada semua sunnah?

Pertanyaan:
Assalamualaikum Ustad.
Ada  pertanyaan dari teman saya seperti dibawah ini.
Mohon pencerahannya.
Jazakumullah

Beberapa saat lalu saya dengar dari pengajiannya pak Quraisy shihab. beliau mengatakan kita boleh ingkar terhadap sunah rasul, tapi tidak boleh ingkar kapada semua sunnah? benarkah itu?

argumen pribadi:
ketika berbicara agama, akidah merupkan dasar beragama. tapi kita juga tidak bisa mengesampingkan kemodernan. pantas selama ini ini islam tertinggal karena sebagian besar pemeluknya hanya berbicara tentang isinya, tapi mengesampingkan ruh atau pemaknaanya. kalo dalam bahasa fiqih adalah illat’ dari materi tersebut.

Jawaban:
Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama, Saya nasehatkan kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat untuk tidak mengambil ilmu dari orang-orang yang dikenal dengan penyimpangan seperti Qurisy Shihab maupun selainnya.

Kedua, Mengingkari sunnah yang telah syah dari Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam adalah kekufuran yang bisa mengeluarkan pelakunya dari keIslamanan dan membatal syahadat “Muhammadun Rasulullah”. Tidak perbedan antara menginkari seluruh sunnah ataupun sebagiannya.

Tiga, Agama sama sekali tidak bertentangan dengan kemajuan. Bahkan dalam agama kita terdapat sumber-sumber kemajuan yang akan mengantar manusia kepada seluruh kebaikan yang mereka butuhkan di dunia dan di akhirat. Menguraikan tentang hal ini adalah pembahasan yang luas. Saya pernah berbicara tentang masalah ini dalam sejumlah ceramah. Mungkin ikhwah bisa memberi rujukan.

Wallahu A’lam

No Responses to “Tanya Jawab: Tidak boleh ingkar kepada semua sunnah?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: