Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

Tanya Jawab: Ragu Bacaan Al Quran

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Pak ustadz, saya sudah berkali-kali hatam al Quran tetapi saya masih meragukan bacaaan saya. Sekarang ini saya dengan didampingi seorang guru sedang belajar mengucapkan huruf-huruf hijaiyah secara sempurna. Tetapi saya masih belum fasih melafalkannya. Saya khawatir pada wakktu rukuk, misalnya, saya bermaksud memuji Allah tetapi karena bacaan salah malah sebaliknya menghina Allah subhanahu wa Ta’ ala. Adakah metode yang cepat yang dapat membantu melafalkan bacaan dengan sempurna?
Apakah kita berdosa melantunkan / melafalkan bacaan secara tidak sempurna karena ketidaktahuan dan ketidaksengajaan?
Jazakumullahu khairan katsiira.
Jawaban:Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Hendaknya setiap muslim membaca Al-Qur’an dengan benar sehingga tepat membaca ayat-ayat yang merupakan firman Allah Yang Maha Agung.
Terkhusus dalam sholat kewajiban membaca dengan benar lebih ditekankan lagi, walaupun sekedar surah yang biasa dibaca.

Karena saya nasehatkan untuk membaca Al-Qur’an kepada guru yang benar bacaannya. Insya Allah hal itu tidak memerlukan banyak waktu sambil bersabar untuk membiasakannya, bukankah “alah bisa karena biasa”?

Semoga Allah memudahkan kita semua untuk membaca Al-Qur’an dengan benar dan mengambil faedah dari membacanya.

Wallahu A’lam

One Response to “Tanya Jawab: Ragu Bacaan Al Quran”

  1. apakah Allah hanya mengerti bahasa arab? kalau pakai bahasa indonesia tentu lebih mudah dan kita tidak takut salah

    Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Tahu. Bahasa Apapun dia pahami. Namun sebagai dasar bagi kita untuk memahami Agama (Al Quran dan As Sunnah) adalah dengan Bahasa Arab. Hal ini telah termaktub dalam Al Quran dan merupakan bahasa yang dipakai dalam keseharian Rosulullah Shollalohu ‘alaihi wa Sallam. Wallohu ‘alam.


Leave a Reply

