Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

Tanya Jawab: Hak Cipta

Pertanyaan:

Assalamu’alaykum wa rohmatullohi wa barokatuhu

innal hamda lillaah, Al Ustadz Dzulqornain yang semoga barokah dan rahmat Allohu Ta’ala senantiasa melimpah kepada anda dan keluarga anda, sebelum ana lupa mohon alamat imel ana jangan dicantumkan untuk membentengi diri dari syahwat dan subhat, insya Alloh.

Ana ingin bertanya, bagaimana hukumnya, jika kita menukil suatu kalimat yang kita ambil dari sebuah kitab, yang padahal dalam kitab tersebut ada semacam peringatan, seperti misal : ” Dilarang memperbanyak atau memindahkan sebagian atau keseluruhan isi buku ini ke dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari penerbit “, dan maksud dari penukilan isi buku tersebut adalah untuk membantah subhat yang dialami oleh sang penukil, ketika dia berada dalam suatu komunitas milis yang terdiri dari bermacam2 manhaj.

Ana berharap, ustadz mau memberikan tambahan faedah kepada ana, dan mungkin kepada anggota milis lainnya, semoga Allohu Ta’alaa memberikan kebaikan yang berlipat ganda kepada anda, dan mempermudah anda dalam setiap urusan anda..amiin.

Jazakumulloohu khoirol jaza Baarokalloohu fiina
Wassalamu’alaykum wa rohmatullohi wa barokatuhu

Jawaban:

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Ada beberapa hal yang perlu dijelaskan berkaitan dengan hak cipta:

Pertama, Ada lima hal pokok yang sangat dijaga dalam syari’at kita. Lima hal tersebut adalah sumber maksud dan penjagaan syari’at, yaitu penjagaan terhadap agama, harta, akal, darah/jiwa dan kehormatan. Seluruh perkara yang berkaitan dengan hak cipta dan tersangkut dengan lima hal tersebut, maka hak itu adalah terjaga dalam syari’at.

Dua, Mengambil imbalan dari sebuah amalan sholih tidak berarti menunjukkan ketidak ikhlasan sepanjang yang mendasari dan mendominasi amalannya karena Allah Ta’ala, sebagaimana boleh mengambil ghonimah dari jihad, bahkan Nabi mengiming para shahabat dengan itu dalam sejumlah hadits.

Tiga, Adanya pengadaan hak cipta dari seorang penulis atau produser bukan semata berkaitan dengan bisnis, bahkan juga hal-hal penting yang harus dijaga berkaitan dengan penulis, karyanya dan hak-haknya.

Empat, Nampak dari hal di atas, tidak bijaksana kalau kita mempermasalahkan tentang hak cipta ini, apalagi telah ada fatwa dari Lajnah Daimah tentang hal ini. Tentunya saya tetap mengingatkan bahwa kadang terdapat bentuk berlebihan dari sebagian orang dalam menetapkan peraturan hak cipta.

Lima, Tidak masalah menukil dari sebuah buku dalam sebuah tulisan atau bantahan, karena hal tersebut hal yang sudah wajar dan lumrah serta sebagai keabsahan sebuah tulisan ilmiyah.

Wallahu A’lam

Ditulis oleh Dzulqarnain bin Muhammad Sunusi
1 Rabi’ul Awal 1430H
Kab. Syumasiyah, Prov. Al-Qashim, KSA

No Responses to “Tanya Jawab: Hak Cipta”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: