Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

Tanya Jawab: Masalah Jenazah

Pertanyaan:
Bismillah
Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Ustadz Abu Muhammad Dzulqarnain d kampung sy trjd sbuah pristiwa. Saat itu, ada seorang bapak meninggal. Akan tetapi anak2nya enggan menyolati. Alasan mreka karna semasa hidupnya tidak mngerjakan sholat. Padahal sudah dterangkan oleh anak2nya (hujjah sudah ada) ttg kwajiban sholat.
Dalam hal ini, bnarkah sikap anak2 ini???Kalo benar, bagaimana dalilnya, dan kalau salah, bagaimana pjelasannya. Karna telah tdengar anggapan negatif masyarakat thdp akhlaq anak2 ini, stlh enggan mnyolati bapakny sendiri. Smoga kami tdk mngikuti kbanyakan orang, tp kbenaran yg datang dari Allah dan RasulNya…

Barakallahufiikum wa ahliikum…

Jawaban oleh Ustadz Dzulqarnain:
Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya tidak bisa memberi jawaban pasti untuk pertanyaan ini, karena memberi vonis terhadap sang ayah yang tidak sholat tersebut adalah masalah yang butuh banyak keterangan. Kemudian di milis ini saya tidak akan menjawab pertanyaan-pertanya an yang mengarah kepada vonis orang-orang tertentu, karena hukum kepada orang-orang tertentu adalah masalah riskan yang sangat banyak konsekuwensinya. Saya seluruh ikhwah memahami ini dan memakluminya.

Saya hanya bisa menberi nasehat sebagai berikut,

Satu, Orang yang meninggalkan sholat memang dihukumi kafir menurut pendapat yang terkuat di kalangan para ulama. Tapi ini adalah hukum umum belum tentu berlaku pada orang tertentu bila terdapat padanya penghalang-penghala ng kekufuran.

Dua, Memang kita tidak harus sejalan dengan manusia pada apa yang menyelisih syari’at, namun sepantasnya bagi seorang yang di atas sunnah memberi kesan baik kepada manusia terhadap sunnah yang dia jalankan, agar manusia tidak berjelek sangka kepada agama dan tidak meninggalkannya.

Tiga, Dimaklumi bahwa madzhab yang berlaku dan banyak dipegang oleh kebanyakan masyarakat Indonesia adalah madzhab Syafi’iy. Madzhab Syafi’iy termasuk berpendapat tidak kafirnya orang meninggalkan sholat karena malas. Dalam kondisi ini, jangan melarang mereka yang akan mengsholatinya karena pendapat tersebut.

Empat, Harus selalu diingat, bahwa tidak boleh mengingkari kemungkaran yang akan melahirkan kemungkaran yang lebih besar.

Wallahu A’lam

No Responses to “Tanya Jawab: Masalah Jenazah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: