Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

Tanya Jawab: Hukum Pasif Income

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum. wr.wb.

Saya sudah melihat website tersebut, memang tidak perlu merekrut, atau promosi, karena jika ada anggota baru yang mendaftar tanpa referal dari orang yang aktif melakukan promosi, sistem komputer akan memilihkan upline bagi anggota baru secara random. dan setelah melihat sistem kerjanya, karena berbentuk piramid, artinya, anggota yang di atas diuntungkan karena uang yang disetorkan oleh anggota yang mendaftar di bawahnya, maka ini tidak jauh berbeda dengan MLM lain yang sudah banyak beredar di negara kita.
Dan setelah saya melakukan perhitungan kasar, dengan sistem yang disebutkan diatas, dengan asumsi grup pertama berjumlah 20 orang, grup kedua 40 orang, dan seterusnya dengan kelipatan 2,  maka dalam waktu 11 bulan, sistem ini akan collapse/ hancur, karena diperlukan jumlah anggota sebanyak 8 milyar, lebih banyak dari semua penduduk bumi saat ini, dan tidak mungkin mendapat anggota baru lagi.  dan jelas yang paling diuntungkan adalah orang yang mendaftar di bulan pertama. dan yang paling dirugikan adalah orang yang mendaftar di bulan terakhir, karena tidak mendapat apa-apa.

Jawaban:
Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Tawaran yang seperti memang tidak diragukan keharamannya. Sudut-sudut pengharamannya sama dengan MLM yang telah dimuat dalam Risalah Ilmiyah An-Nashihah.
Saya ingat kepada seluruh ikhwah dan akhwat agar berhati-hati dari sejumlah manusia yang hanya punya keahlian mengambil harta manusia dengan batil, tipu daya dan kezholiman.

Wallahu A’lam

No Responses to “Tanya Jawab: Hukum Pasif Income”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: