Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

Tanya Jawab: Permasalahan Masbuk (lagi)

Pertanyaan:
Ustadz dzulqarnain hafidzakumullah, bagaimana kalau kita mendapati imam sedang takbir ke ruku’ atau sedang ruku’ sehingga kita tidak sempat membaca al-fatihah? Bukankah kita telah mendapatkan raka’at tersebut?
Jazakumullahu khairan

Jawaban oleh Ustadz Dzulqarnain:
Bismillah,

Telah berlalu jawaban-jawaban bahwa membaca surah Al-Fatihah adalah salah satu rukun sholat. Karena tidak sah sholat seseorang tanpa membaca Al-Fatihah.
Adapun makmum yang mendapati imam ruku’ sebelum membaca surah Al-Fatihah, memang terdapat silang pendapat di kalangan para ulama apakah dia terhitung mendapat satu raka’at atau tidak?
Bagi orang yang menganggap membaca surah Al-Fatihah adalah rukun maka dia tidak terhitung memdapat raka’at tersebut. Bahkan dia wajib menambah satu raka’at lagi.
Di versi lain, sejumlah ulama memandang bahwa itu telah terhitung mendapat satu raka’at. Mereka berdalilkan dengan beberapa dalil.

Saya tidak bisa terlalu banyak menguraikan, tapi seluruh dalil-dalil orang menganggapnya mendapat satu raka’at adalah tidak kuat dari sisi pendalilan, baik karena lemah periwayatannya atau karena tidak kuat pemetikan kandungan hukum darinya.

Yang dikuat oleh Syaikh Ibnu Baz, Syaikh Muqbil dan lain-lainnya adalah tidak terhitung mendapat satu raka’at. Wallahu A’lam

No Responses to “Tanya Jawab: Permasalahan Masbuk (lagi)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: