Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

Tanya Jawab: Dilema Menggerak-gerakan Jari

Pertanyaan:

Assalamualaikum

Saya sudah membaca uraian Ustad yg panjang lebar, juga mendengar audio ttg menggerak2an jari, dimana kesimpulan dari ustad adalah TIDAK menggerak2an. Yg menjadi masalah adalah, Syeh ALbani sendiri menggerakkan2 jari. ini yg menjadi dilema ana. satu sisi, ustad secara gamblang dan jelas menguraikan alasan2nya, disisi lain, siapa yg tidak kenal syeh Albani, hanya saja ana belum membaca uraian/alasan beliau.

ana ingin juga membaca alasan2 syeh Albani. Bagaimana sebaiknya?

sukron
wassalam

Jawaban oleh ustadz Dzulqarnain:

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Memang dilema yang dirasakan oleh Al-Akh Wawan -semoga Allah selalu menerangi hati kita dengan iman dan takwa- adalah hal yang banyak dipertanyaan oleh para penuntut ilmu. Mungkin saya bisa memberi pencerahan sebagai berikut:

Kalau dua orang Alim berbeda pendapat, maka
1. Bila seorang punya kemampuan ilmiyah untuk membahas dan meneliti dalil setiap dari dua alim itu. Maka semestinya dia melakukannya dan wajib terhadapnya untuk mengambil pendapat sesuai dengan apa yang dia condong dari hasil pembahasannya.
2. Kalau tidak punya keahlian dalam membahas.. Dan setiap dari kedua alim tersebut membawakan hujjah, maka hendaknya ia membaca atau mendengar hujjah kedua alim tersebut, dan dia mengambil pendapat yang dia condong kepadanya. Karena pendapat apapun yang dia pilih setelah mendengar dalilnya, maka dia telah mengikuti alim dengan dalil bukan bertaqlid kepadanya.
3. Kalau tidak bisa dengan dua hal di atas, maka hendaknya dia melihat siapa dari dua alim tersebut yang lebih berilmu. Kalau dia mengikutinya maka hal tersebut tergolong mengikuti berita orang yang terpercaya.

Demikian ketentuan yang saya pahami dari sejumlah guru kami, seperti Syaikh Muqbil, Syaikh Muhammad bin Hadi dan selainnya.

Dalam masalah menggerak-gerakkan jari telunjuk, berbeda pendapat antara Syaikh Albany yang menguatkan dan Syaikh Muqbil yang melemahkannya. Dan pembahasan yang saya tulis adalah pembahasan yang hati saya condong kepadanya. Semoga Allah memberi manfaat darinya.

Wallahu A’lam

Ditulis oleh
Dzulqarnain bin Muhammad Sunusi
Ahad, 6 Shofar 1430H

No Responses to “Tanya Jawab: Dilema Menggerak-gerakan Jari”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: