Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

Tanya Jawab: Masuk Islam

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh. .
Ustadz yang semoga selalu di berkahi Allah dan selalu dalam perlindungan- Nya….ana mau tanya apakah untuk seorang yang ingin masuk Islam harus bersyahadat di depan seorang imam, kalau harus di depan seorang imam…apa katagorinya seseorang bisa di sebut imam? apakah cukup seorang imam adalah orang yang biasa mengimami Shalat?atau apakah dengan dia bersyahadat di depan kawannya telah cukup untuk diakui keIslamannya. ..
Jazakallahu Khairan….

Jawaban oleh Ustadz Dzulqarnain:

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Al-Akh Ahmad Faisal -semoga selalu dalam bimbingan dan petunjuknya- ,
Seorang yang ingin masuk Islam, dalam mengucapkan syahadat mempunyai dua keterkaitan,

Pertama, Keterkaitan antara dia dan antara Allah. Dalam kondisi ini kapan dia telah mengucapkan syahadat dengan mengetahui makna, konsekwensi dan syarat-syaratnya, serta meyakinanya, maka hal tersebut telah cukup antara dia dan antara Allah.

Kedua, Keterkaitan antara dia dan antara kaum muslimin. Hal ini sangat penting karena seorang yang telah masuk Islam mempunyai banyak hak, seperti disholati dan dikubur bersama kaum muslimin, mewarisi muslim, tidak berlaku padanya hukum-hukum kafir dzimmy dan berbagai hak lainnya. Hal tersebut yang hanya dia dapatkan dengan mempersaksikan di depan Imam, siapa yang mewakili Imam atau dipersaksikan oleh dua saksi laki-laki yang adil.

Antara yang pertama dan kedua juga mempunyai keterkaitan yang sangat erat, dimana seorang yang hanya mengaku bersyahadat antara dia dan antara Allah tanpa mengumumkan kepada kaum muslimin adalah orang tidak jujur dalam pengakuaannya karena dari konsekwnsi keislaman dia harus menyatakan keislamannya, memberi loyalitasnya kepada kaum muslimin, berlepas diri dari kekafiran dan orang-orang kafir dan sebagainya.

Keterkaitan yang pertama penting untuk dipahami dalam beberapa keadaan, seperti seorang masuk Islam antara dia dan antara Allah, namun dia meninggal sebelum sempat mempersaksikannya kepada manusia… dan selainnya.

Wallahu A’lam.

No Responses to “Tanya Jawab: Masuk Islam”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: