Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

Tanya Jawab: Jimat

Pertanyaan:

Assalaamualaikum
Kepada Ustadz Dzulqarnain Hafidzokallah Ta’ala…

Ya ustadz, ana meminta nasehat untuk masalah yang saya alami. Ceritan bermula dari Saudara saya yang sejak cerai dengan suaminya menjadi agak kurang waras. Entah ini memang benar-benar  tidak waras atau karena gangguan jin. Dalam masalah tertentu dia terlihat seperti orang normal, namun terkadang tertawa dan melakukan hal-hal yang aneh, bahkan terkadang seperti berbicara dengan seorang anak kecil, dan tingkah lakunya juga seperti anak kecil. Sejak saat itu, diusahakan berbagai cara oleh umi. Mulai dari ru’yah, sampai brobat medis. Cara yg terakhir inilah yang membuat ana sedih sekali. Ternyata umi membawa saudara ana ini kepada seorang “kyai” di jawa  timur. Dari seorang “kyai” ini, saudara ana diberi sebuah kain putih yang dijahit. Dan bertuliskan arab yang tidak ana pahami artinya. Ana duga ini adalah jimat (waliyyadzubillah) .

Pertanyaan ana:
1. Bagaimana saya menjelaskan dengan sebaik-baiknya kepada umi? Masalahnya, dulu ketika ana mencoba menasehati, beliau bilang bahwa ini bentuk ikhtiar, dan jika memang sembuh (walaupun itu mlalui ”kyai”), itu adalah dari Allah semata, padahal jelas ana lihat ada jimat itu. Malah beliau bilang, sudahlah tidak usah ikut campur. WaliyyadzubiLlah. Bagaimana nasehat sebaik-baiknya kepada umi dengan dalil yg jelas tentangg keharaman jimat?

2. Bagaimana dengan jimat yang mash disimpan? Apakah ana langsung membakarnya, yang tentunya umi akan sangat marah bila mengetahuinya. Atau ana simpan, dan jelaskan ke umi dahulu, baru ana bakar? Mohon penjelasannya ya ustadz.

Semoga Allah memberikan kebarakahan atas ilmu dan da’wah ustadz yg penuh dgn hikmah.
BarakaLlahufiikum wa ahliikum….

Dijawab oleh Ustadz Dzulqarnain:

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama, Ana doakan untuk saudara ant agar diberi kesembuhan segera dan diberi taufiq untuk meraih apa yang terbaik dalam kehidupannya di dunia dan di akhirat. Sebagaimana ana doakan untuk keluarganya diberi ketabahan dan diberi pahala yang berlipat ganda terhadap cobaan yang menimpa mereka. Amin

Kedua, Ikhtiar dalam penggunaan orang indonesia, artinya melakukan upaya untuk memperoleh kebaikan atau menolak kejelekan. Dan hal tersebut adala perkara yang baik dan disyari’atkan dalam agama. Dan itu dari bentuk menjalani sebab dalam menuaikan apa yang dia kehendaki. Tapi perlu diketahui bahwa menjalani sebab, hanya dibolehkan pada sebab yang dibenarkan oleh syari’at seperti berobat, ruqyah, dan semisalnya, dan juga dibolehkan mengambil sebab yang memang telah terbukti dalam kehidupan mempunyai hubungan sebab-akibat secara langsung dan dimaklumi seperti gelas pecah sebab dijatuhkan, paku melesat menembus sasaran karena tekanan palu di atasnya dan sebagainya. SIAPA YANG MENGAMBIL SEBAB SELAIN DARI APA YANG DISEBUT DI ATAS MAKA ITU TERGOLONG SYIRIK ASH-GHAR (SYIRIK KECIL, karena dianggap menandingi Allah dalam pengadaan sebab. Karena itu, menjadikan jimat sebagai sebab tergolong syirik karena ia meyakini hal tersebut bisa menjadi sebab, padahal jimat tidaklah tergolong dalam sebab yang disyari’atkan -bahkan syari’at telah mencela orang yang menggunakan- dan juga tidak tergolong sebab yang terbukti mempunyai hubungan sebab-akibat.

Tiga, Nasehat ana agar antum sekeluarga bersabar, dan melihat ketidak warasan tersebut apa karena jin atau karena lumrah akibat cobaan yang menimpa. Kalau dari jin bisa dengan diruqyah, yaitu dibacakan Ayat-ayat Al-Qur`an atau doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Shollallahu Alaihi wa Sallam. Kalau karena cobaan maka mungkin bisa dilihat kepada mereka yang ahli menangani masalah kejiwaan seperti ini. Sambil banyak berdoa, dan ingat bahwa doa dan sabar itu obat yang sangat manjur tapi manusia yang tidak mengetahuinya.

Empat, Sampaikan kepada ibu ant hukum syari’at yang dijelaskan di atas. Dan berwasiatlah dengan tutur kata yang bijak bahwa seharusnya kita memperhatikan hukum syari’at yang datang dari Allah. Itu kunci kebaikan dan sebab kebahagian. Hendaknya kita khawatir untuk mendapat tambahan kejelekan lantara dosa yang kita lakukan. Semoga Allah memberi hidayah kepada kita semua.

Wallahu A’lam.

No Responses to “Tanya Jawab: Jimat”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: