Panitia Kajian Islam Bintaro
Iman and Ilmu is number uno..

TIPS BERINTERNET

Bismillah, Alhamdulillah

Udah kenal INTERNET? Yang pasti udah dong, kalau belum kenal, mana mungkin bisa buka situs ini. Nih ada tips buat sohib-sohibku fillah kalau mau ngenet Islami, tapi tips ini mungkin hanya mencakup sebagian kecil saja karena sebenarnya masih banyak yang lain. Tapi dicoba dulu deh.

1.        Biasakanlah untuk mengucapkan basmalah (Bismillaahir Rahmaanir Rahiim) setiap kali akan melakukan sesuatu (termasuk ngenet) dan menyudahinya dengan bacaan hamdalah (Alhamdulillah). Karena basmalah termasuk dalam perkara mencari berkah dari Allah ta’ala, sedangkan Allah sangat suka ketika ada hamba yang mengucapkan hamdalah setelah diberi nikmat

2.        Buang jauh-jauh pikiran dan niatmu ketika dorongan untuk membuka situs yang “nggak pantas” bagi kita sebagai seorang muslim semakin besar.

3.        Jika kamu ingin membaca sebuah artikel atau email yang cukup panjang, maka cobalah untuk         meng-copy isinya kemudian simpan ke disket, hardisk, USB atau media penyimpanan lainnya         untuk menghemat koneksi internet (terutama internet rumahan). Nanti baru dibaca kalo      komputer udah nggak terhubung dengan internet.

4.        Shalat. Ketika waktu shalat telah tiba, cobalah untuk menghentikan sejenak kegiatan         internetmu untuk mengambil air wudhu dan memenuhi panggilanNya. Jangan sampai internet      melalaikamu dari mengingatNya.

5.        Jangan habiskan waktumu untuk sesuatu yang tidak berguna (ex : berkelana sana sini hanya untuk mencari teman gaul) apalagi kalo mengunjungi situs-situs yang kurang pantas bagi seorang muslim.

6.        Hargai dirimu dengan menjaga pribadimu (identitasmu) sebagai seorang muslim. Jangan menaruh atau menyebarkan photomu melalui internet, khususnya bagi saudariku, karena itu sama saja dengan engkau memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk menikmati kecantikan wajahmu disamping telah diharamkannya gambar makhluk bernyawa oleh syariat ini. Hargai perhiasan malumu sebagai seorang muslimah.

7.        Sebelum ngenet, tentukan dan catatlah poin-poin tentang informasi apa yang ingin kamu cari di internet, situs apa yang akan kamu kunjungi, agar waktu internetmu bisa lebih efektif dan biaya lebih efisien.

8.        Usahakan ketika selesai ngenet ada sesuatu yang bisa bernilai manfaat bagi dirimu (apalagi bagi akhiratmu). Misal: dengan download artikel, mp3 kajian, atau diskusi di forum islam yang terpercaya.

9.        Sering-seringlah untuk mengunjungi situs yang bisa menambah pengetahuan dan ketaatanmu     kepada Allah Subhaanahu Wata’aala dan reguklah ilmu sebanyak-banyaknya. Insya Allah         sohibku nggak akan rugi. Walhamdulillah sudah banyak kok situs2 yang insyaAllah dapat memenuhi kebutuhanmu untuk merasakan jernihnya Al-Islam sebagaimana yang dijalankan     oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya.

10.      Jangan sekali-kali menyimpan password di hardisk ketika berada di warnet/tempat umum, karena bisa jadi pengguna lain bisa mengetahuinya.

11.      Jika ingin mengambil file yang besar cobalah untuk melakukannya pada jam-jam libur seperti malam hari atau subuh hari, dan juga pada hari libur untuk menghindari lambat/terputusnya akses. Juga lebih baik jika shohib menggunakan software download manajer, sudah banyak software yang seperti ini yang gratisan kok.

12.      Kalo waktu ngenet-mu cukup lama, cobalah istirahat sejenak dan jangan paksakan badanmu jika memang kondisimu badanmu menurun (terutama kelelahan pada mata). Juga jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan perutmu, kebanyakan dari kita tidak merasa lapar ketika asik di depan komputer, padahal perut sangatlah membutuhkan asupan makanan.

13.      Ketika di Internet berarti sohibku berkomunikasi dengan manusia, dan bukan semata2 dengan komputer, maka hargailah mereka sebagaimana engkau berbicara di dunia nyata.

14.      Seleksilah memilih teman dalam berinternet, karena pergaulan melalui internet adalah pergaulan yang begitu kompleks dan sangat bebas. Jangan terapkan prinsip “Setiap Orang adalah Temanku” tapi terapkanlah prinsip “Cinta dan Benci karena Allah (Al Wala’ wal Bara’)”.

15.      Jaga Privasi. Jangan mudah memberikan kontak kepada siapapun. Berikanlah kontak (email, nomor telepon, alamat domisili) hanya kepada orang yang benar-benar terpercaya dan sudah diketahui bagaimana aqidah dan akhlaknya.

15.      Yang terakhir, Jangan lupakan ketaatanmu kepada Allah Subhaanahu Wata’aala dan Rasulnya di manapun dan kapan pun sohib berada termasuk ketika sedang ngenet. Kamu tidak sendiri karena akan ada yang tetap mengawasi hati, perkataan, dan perbuatanmu setiap saat.

Wallahu a’lam.

No Responses to “TIPS BERINTERNET”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: